gempa jepang terkini 2021

 

gempa jepang terkini 2021

Jepang menyatakan, episentrum berada pada kedalaman 60 kilometer dari prefektur Fukushima pada 23.08 waktu setempat.

Sejauh ini tidak ada peringatan tsunami. Namun, untuk melindungi warga didorong untuk pindah ke tempat yang lebih tinggi.

Sementara itu, New York Times melaporkan, Episentrer dekat dengan lokasi gempa dahsyat hampir 10 tahun yang lalu, yang merusak 3 reaktor nuklir.

Bencana yang dikenal sebagai gempa Tohoku juga menyebabkan tsunami. Gempa bumi juga terasa di Tokyo selama sekitar 30 detik, dan kejutannya sangat kuat di Fukushima dan Sendai.

Kantor Perdana Menteri segera mengaktifkan Pusat Manajemen Krisis.

Kemudian, perusahaan listrik Tokyo atau Tepco yang mengoperasikan pembangkit listrik tenaga nuklir, sedang memeriksa apakah ada kebocoran atau tidak.

Lebih dari 20.000 orang meninggal atau hilang dalam gempa bumi yang juga menyebabkan tsunami, sementara ratusan ribu kehilangan rumah mereka.

"Karena (gempa bumi 2011) adalah gempa bumi besar dengan magnitude 9.0, tidak mengherankan memiliki replika skala ini 10 tahun kemudian," kata Kenji Sabatake, profesor di Gempa Bumi Lembaga Penelitian di Universitas Tokyo, dikutip oleh Mainichi Shimbun , Minggu (14/2/2021).

Perdana Menteri Jepang Yoshihide, Suga, meyakinkan audiens bahwa setelah gempa pada hari Sabtu, 13 Februari 2021, "Tidak ada jarang" di salah satu pabrik nuklir di wilayah tersebut, seperti kutipan oleh CNN.

Berbicara dengan wartawan kantornya pada hari Minggu, 14 Februari 2021, Suga mengatakan bahwa meskipun ia masih dianggap sebagai kerusakan, korban penting tidak dilaporkan. Namun, dia meminta warga di daerah yang terkena dampak untuk tetap berada di dalam rumah dan bersiap menghadapi replika.

Gempa Bumi 13 Februari 2021 Hit 23.07 PM Waktu Lokal (9.07 pagi. Et), terletak 73,9 kilometer timur laut Namie, sebuah kota pantai yang berjarak 60 mil dari Fukushima, menurut survei geologi Amerika Serikat. Sementara kedalaman gempa adalah sekitar 36 mil.

Setidaknya 48 cedera dilaporkan di Prefektur Fukushima dan Miyagi, menurut Institute of the State of NHK. Tidak ada peringatan tsunami yang dikeluarkan untuk gempa pada hari Sabtu, 13 Februari.

"Meskipun ukuran gempa yang relatif besar dengan pendekatan di luar prefektur Fukushima, tidak mungkin menyebabkan tsunami karena memiliki pusat sekitar 55 kilometer di bawah permukaan laut," kata Sabate.

Gempa bumi ini menyebabkan tanah longsor yang tumpah di Joban Expressway, jalan utama yang meluas di sepanjang pantai timur Jepang. Tanggapan di sepanjang jalan runtuh, menutupi jalan dan mengubur pagar di lumpur, melaporkan NHK.

Bagian lain dari jalan raya meningkat sekitar 10 meter, menurut polisi di prefektur Miyagi, menurut NHK.

Sekitar 830.000 rumah di wilayah Kanto, yang meliputi Tokyo Raya, dan sekitar 90.000 rumah di daerah Tohoku mengalami pemotongan energi setelah gempa bumi Sabtu, kata Sekretaris Kabinet Jepang, Katsunobu Kato. Listrik secara bertahap dipulihkan, NHK melaporkan.


Belum ada Komentar untuk "gempa jepang terkini 2021"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel